x

Pulau Jalan, Konsep Baru RTH Yang Dibangun Pemkot Blitar

Blitar Kota - Tiga konsep baru RTH yang dibangun Pemkot Blitar, salah satunya Pulau Jalan. Konsep pulau jalan bisa diartikan ruang terbuka yang mempercantik tata kota, serta memberi kesan hijau dan sejuk.

Pande Ketut Suryadi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Kota Blitar siang mengatakan, konsep ini dipilih karena landscape RTH menyerupai pulau di pinggir jalan, dengan banyak pepohonan hijau dan hawa yang segar. Selain itu, konsep ini juga sebagai penyegaran agar Kota Blitar terlihat berbeda, karena kebanyakan taman saat ini punya model dan bentuk yang sama. Selain enak dipandang, 3 RTH baru ini akan tampak modern di malam hari, dan alami di siang hari.

Dalam membuat konsep, pihaknya memang menginginkan adanya desain yang modern meski minimalis, seimbang dan mewakili fungsi dan estetika sebuah RTH pada umumnya. Selain sebagai lokasi untuk bibit oksigen, pihaknya ingin RTH juga bisa menjadi penarik warga untuk mau beraktifitas dan bergerak, sekaligus mempercantik kota.

“Bentuknya mirip pulau dipinggir jalan, hijau, rindang dan sejuk di siang hari, tapi cerah dan modern di malam hari,” jelas Pande saat ditemui di kantornya, Jumat (01/11/2019)

Sampai akhir Oktober 2019, progress pembangunan RTH di eks Kantor Kelurahan Bendo, Pakunden dan Rembang sudah mencapai 50%.( Yud )

Share icon